Sabtu, 23 April 2011

Fotocopy Buku Sepeda Antik : Indische Fietsen

















Buku ini sekarang dijual dalam kualitas FOTOCOPY, karena yang asli sudah tak ada.
Harga hanya Rp 65.000,-
Gambar TIDAK BERWARNA (hitam putih saja). Ukuran buku : 16,5 x 21 cm Tebal buku : 224 halaman Harga Rp 65.000,-

Buku tentang sepeda antik ini berjudul Pit Onthel 2010 Indische Fietsen. Diantara isinya yang bermacam-macam, ada sejarah sepeda Gazelle. Tokohnya bernama Willem Kolling, tahun 1892 bekerja sama dengan Rudolf Arentzen. Pada tahun 1902 mereka membeli tanah dan mendirikan pabrik sepeda dengan merk Gazelle.
Tahun 1937 mesin-mesin pabrik dibongkar oleh tentara Jerman dan diangkut ke Jerman. Sisanya diledakkan. Gazelle menderita kerusakan yang hebat karena perang.
Tahun 1963 Gazelle melakukan merger dengan Batavus, namun hanya 2 tahun lalu bubar. Tahun 1968 Gazelle mengambil alih merk Juncker, Simplex, dan Locomotie serta merk moped terkenal Berini. Tahun 1971 Gazelle diambil alih oleh Tube Investment (TI). Tahun 1987 TI menjual divisi sepedanya kepada Derby Cycles Corp, sebuah perusahaan multi nasional dengan kantor pusat di New York. Derby juga memiliki pabrik sepeda Raleigh, Sturmey - Archer, serta merk-merk sepeda Jerman yang terkenal : Kalkhoff, Rixe, Winora dan Staiger.
Tahun 2001 Derby Cycles Corporation menjual Gazelle kepada Dana Investasi Belanda "Gilde Buy Out Fund". Sekarang pun Gazelle masih memimpin industri sepeda di Belanda. Gazelle adalah sepeda yang nyaman dipakai dan tangguh.

Selain Gazelle, buku ini juga mengulas sejarah pabrik sepeda VEENO, SIMPLEX, BATAVUS,FONGERS, JB. BROOKS, Hobs of Barbican, Humber, Raleigh, Sturmey Archer, Schwinn, Sunbeam, dan Triumph.

Dalam buku tentang sepeda antik ini, juga ada cerita tentang mbah Tris, seorang dengan usia 72 tahun yang punya show room sepeda kuno dan banyak didatangi tamu dari mana-mana. Rumahnya di Bantul, sering dikunjungi beberapa onthelis dari Godean, atau pedagang sepeda dari luar kota yang memilih-milih onderdil sepeda dirumahnya. Mbah Tris juga punya onggokan sepeda tua yang tingginya hingga dua setengah meter ditumpuk dekat kolam ikan rumahnya. Rumah mbah Tris seakan punya magnit bagi pecinta sepeda, yang menarik mereka untuk berkunjung.

Buku sepeda antik Indische Fietsen ini memuat foto sepeda antik milik para kolektor, dari halaman 50 hingga 106. Merk sepedanya ada Batavus, Burgers, BSA, Fendt, Fongers, Gazelle, Hercules, Humbers, Mister, NSU, Pathfinder, Phillips, Premier, Raleigh, Roodman, Royal, Rudge, Simplex, Selebihnya adalah foto reklame sepeda, full color dari halaman 193 sampai 210. Isi buku ini beragam sekali, mulai dari sejarah sepeda, Indische Fietsen, Sepeda di Pedesaan Australia, Hima, kendaraan setia sang perwira, Ngatidjo, Mbah Tris, Berburu sepeda onthel, Foto-foto sepeda, Asesoris sepeda, sepeda gardan, Macam-macam sepeda, dan Cerita tentang sepeda.
Buku asli sudah terjual habis.
Buku yang ada : FOTOCOPY
Gambar TIDAK BERWARNA (hitam putih saja).
Ukuran buku : 16,5 x 21 cm
Tebal buku : 224 halaman
Harga Rp 65.000,-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar