Kamis, 05 Mei 2011

Buku Fotocopy sepeda antik "Pit Onthel"























Buku Sepeda Antik : Pit Onthel
Ini buku sepeda antik yang pertama dibuat sebelum dibuat buku yang berjudul Indische Fietsen. Isinya penuh gambar lampu sepeda, peda, katengkas, sadel, selompret (klakson Karet) dll.
Buku ini dicetak dengan mesin fotocopy, semata-mata hanya untuk mengobati kerinduan para onthelis yang belum memilikinya, karena buku ini sulit dicari, berhubung tidak dicetak ulang.
Ukuran buku : 21 x 15 cm
Tebal : 184 halaman
Harga Rp 65.000,- belum ongkir.

Dalam buku ini dapat ditemukan artikel tentang : “ Berburu Sepeda Tua” . Ternyata harga sepeda wanita Gazelle seri 11, jaman dulu sama dengan 2 ons emas. Berburu sepeda tua ternyata menarik juga suka dukanya. Sukanya bila dapat sepeda bagus dengan harga murah. Misalnya satu sepeda Gazelle hanya dijual 1 juta rupiah sementara kalau beli di pedagang bisa 5 juta. Dukanya ialah kalau pemilik sepeda bagus tiba-tiba berubah pikiran : tidak jadi menjual sepedanya. Pernah seseorang menawar sepeda kuno tapi tidak berhasil, maka dia pulang dulu ke rumahnya. Esok harinya dia dating lagi untuk meneruskan proses tawar menawar, tapi apa daya …. Si pemilik sepeda berubah pikiran : tidak jadi jual sepeda …..
Cerita lain misalnya seorang pemburu sepeda tua melintas di pinggir sawah naik sepeda motor. Dia berhenti ketika berjumpa dengan dua sepeda tua yang disandarkan dipinggir sawah. Kepada pemiliknya dia menawar dua sepeda tersebut untuk ditukar dengan satu sepeda motor …… ada-ada saja.

Artikel lain dalam buku ini ialah sejarah sepeda. Ternyata dulu bentuk sepeda “cukup mengerikan” untuk dinaiki, rodanya besar Cuma satu dan kita duduk diatasnya sambil mengayuh pedal …. Wah wah wah seperti sirkus ya ? Walaupun ada 2 roda kecil penyeimbang tapi kalau terjungkir babak belur juga pastinya.
Sepeda pertama lebih lucu lagi karena pengendaranya capek untuk menjalankan sepedanya dia harus menggerakkan kakinya melangkah maju. Seperti naik otoped ya ?

Dalam buku ini juga dapat kita temukan sejarah pabrik sepeda merk Gazelle, Veeno, Simplex, Batavus, dan Fongers.

Banyak foto-foto orang naik sepeda, poster, reklame sepeda dan tak ketinggalan adalah photo syur Marilyn Monroe naik sepeda, tentu saja dengan memamerkan pahanya …….
Buku asli sudah habis terjual, tinggal :
Buku Fotocopy sepeda antik : Pit Onthel
Ukuran buku : 21 x 15 cm
Tebal : 184 halaman
Harga Rp 65.000,- belum ongkir.

2 komentar:

  1. Pak Ahita, saya booking buku ini , taksih napa mboten, matur nuwun.

    Panca,
    Magelang

    BalasHapus