Kamis, 16 Juni 2011

Buku Antik Khong Kauw




Buku antik Khong Kauw ini dimulai dengan :

Riwayat hidup nabi Khong Hoe Tjoe. Sewaktu lahir beliau diberi nama Bo alias Tiong Ni. Dilahir di provincie Shan Tung pada 2486 taon lebi jang soedah laloe. Tapi maski sampe ini hari soeda berlaloe lama , toch oleh orang banjak ia masi sadja dimoeliaken.

Nabi Khong Hoe Tjoe lahir djato pada Imlek tanggal 27 Pe Gwee wafat pada tanggal 18 Djie Gwee dalem umur 27 taon. Maka setiap taon, kedoea tanggal tersebut, oleh kebanjakan orang-orang tionghoa diseloeroe doenia dibikin peringetan.

Nabi agoeng Khong Tjoe sedari beromoer 8 taon soedah ditinggal mati oleh ajahnja, dari sebab itoe maka ia tjoema idoep berdoea dengen iboenja. Meski begitoe, lantaran iboenja ada seorang jang pinter dan soetji, maka ini iboe bisa mendidik anaknja jadi nabi jang sanget termoelia.

Ajahnja nabi agoeng Khong Tjoe ada panglima perang. Siok Liang Hoet namanja, sedeng iboenja bernama Gan Tin Tjay.

Lantaran nabi agoeng Khong Tjoe poenja kelakoean ada begitoe djoedjoer dan hatinja ada begitoe soetji, meski sampe ini hari ia soeda wafat riboean taon, tapi oleh orang banjak masi dijoenjoeng dan dipoedji tinggi. Malah pada sekarang ini diseloeroe Java oleh orang-orang Tionghoa ada didiriken : Perkoempoelan Boeat Menoentoet Pelajaran Nabi Agoeng Khong Tjoe atawa biasa diseboet : Khong Kauw Hwee.

Nabi agoeng Khong Tjoe sendiri perna bilang : Saja, boekannja begitoe terlahir telah djadi pinter, hanja biasanja dari lantaran saja radjin membatja boekoe-boekoe, kepoenjaan orang-orang koeno dan perhatiken itoe dengen betoel.

Selanjutnya buku Khong Kauw berisi banyak pelajaran prilaku yang baik. Jumlahnya mencapai 55 pelajaran yang berakhir pada halaman 28.

Buku antik yang berjudul Khong Kauw ini terkarang oleh Lid Khong Kauw Hwee Kartosoero. Diterbitkan oleh Bookhandel Tan Koen Swie Kediri pada tahun 1935.
Tebal : 28 halaman
Ukuran buku : 16,5 x 11 cm
Harga : Rp 35.000,-
SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar