Jumat, 05 Maret 2010

Tenong Kayu Ukir Jepara Lama

Sudah Terjual


Garis tengahnya sekitar 40 cm
Buatan Jepara tempo doeloe.

Sudah Terjual


Tenong, Tempat Makanan Tempo Doeloe

Tenong adalah suatu wadah atau tempat menyimpan barang yang berbentuk tabung bulat lebar tapi pendek. Tenong dilengkapi dengan tutup. Bahan pembuatan tenong, bisa bambu, tembaga, kayu, kaleng, dll. Maklumlah dulu belum ada aluminium.
Kegunaan tenong pada umumnya untuk menyimpan makanan. Selain itu juga berfungsi sebagai tempat kado ketika melamar calon menantu, atau berkunjung ke rumah pengantin, teman atau sanak saudara.
Karena sangat populer untuk membawa makanan, tenong bambu dalam ukuran besar sering digunakan untuk menjajakan makanan keliling kampung oleh wanita pedagang kue dan masakan. Terkenal dengan sebutan pedagang tenongan.
Saya pernah menemukan tenong tembaga berukir di daerah perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Barat. Berukir dan kokoh buatannya. Banyak sekali barangnya, dan murah harganya, waktu itu sekitar th 1997 harganya hanya Rp 50.000,- Sayangnya benda yang unik dan menarik itu kurang mendapat sambutan dari kalangan pedagang antik, sehingga akhirnya bernasib malang : .... menjadi konsumsi pedagang rongsok .... (Ahita Teguh Susilo).
Sudah Terjual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar