Sabtu, 20 Maret 2010

Asbak Bank Denis (De Eerste Nederlandsch Indische Spaarkas) Bandoeng

SOLD OUT

Asbak yang sangat langka ini beruntung bisa ditemukan sekarang.
Dipastikan pembuatannya pada rentang waktu 1935 / 1936 - 1949 sebab sesudah tahun 1949 kata Bandung tidak lagi ditulis sebagi Bandoeng.
Bahan pembuatan asbak ini adalah keramik atau porselain.


Bank Denis Sekarang

Menurut pakar antik dari Solo, Denis adalah sebuah bank tersohor pada jaman belanda.

Gedung DENIS terletak di bragaweg (sekarang Jln Braga) bagian selatan. Gedung ini dibangun di antara tahun 1935-1936 dengan gaya arsitektur Art Moderne, karya arsitektur A.F.Aalbers.

DENIS ini adalah singkatan dari De Erste Nederlandsche Indische Spaarkas En Hypotheekbank. DENIS merupakan bank simpanan dan hipotek pertama yang didirikan di Hindia Belanda (Nederlands Indie). Bank ini juga bergerak di bidang asuransi dengan anak perusahaan bernama DENIS Insurance Co.

Fungsi gedung DENIS dari dahulu hingga kini tidak berubah, yaitu sebagai gedung lembaga keuangan. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat (Bank Jawa Barat-Bank JABAR sekarang) mengambil alih gedung ini pada tahun 1960-an.

Peristiwa heroik perobekan warna biru bendera Belanda, yang menjadikannya Sang Saka Merah Putih, terjadi di gedung DENIS pada bulan oktober 1945. Pelakunya adalah pejuang E.Karmas dan Moeljono

Dari : bandungtempodulu.com
SOLD OUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar