Senin, 05 Oktober 2015

Poster Rokok Pelikaan Sigaren, Terisep Oleh Segala Bangsa


Poster Pelikan Sigaren Terisep Oleh Segala Bangsa.
Original, Aseli.
Kertas : Hvs.
Poster Pelikaan Sigaren ini ukurannya cukup besar : 51 x 36,5 cm
Harga : Rp 100.000,-

Siapakah The Kim Hok, sipemilik pabrik Roko Kretek Pelikaan, Djodo, Tjap Lantja, Tjap Lilin, Ardjoena, Bebek, Radio, Sumatra, Boenderan dll ?

Penjualan produk perusahaan rokok The Kim Hok tersebar ke seluruh Indonesia (Ned Indie pada waktu itu) mulai dari Jawa, Sumatra, Kalimantan, sampai ke Riau. Bahkan perusahaan ini berhubungan dagang dengan perusahaan-perusahaan raksasa pada waktu itu seperti Lindeteves-Stokvis, Carl Schlieper, Rathkamp & Co, Ed P. Itallie, Hagemejer dll.

Varian produk pabrik rokok The Kim Hok adalah Roko Kretek Djodo, Pelikaan, Tjap Lantja, Tjap Lilin, Ardjoena, Bebek, Radio, Sumatra, Boenderan dan masih banyak lagi. Perusahaan ini menggunakan jasa Koninkljke Paketvaart Maatschappj (KPM) untuk pengiriman barang ke luar pulau dan beberapa perusahaan ekspedisi kecil sekitarnya.

Pengelola Sigaren en Sigarettenfabriek The Kim Hok pada tahun 1930an adalah THE JAN KIM (The Jan Khiem) . Buku 'Who's Who? Orang-Orang Tionghoa' di Java menyebutkan bahwa The Jan Kim adalah anak nomor 3 dari The Kim Hok yang lahir di Temanggung tanggal 19 Januari 1902, lulus dari THHK Temanggung dan CES Semarang.

Yang cukup unik adalah semua surat yang dialamatkan kepada perusahaan ini tidak ada yang menggunakan alamat, tetapi hanya The Kim Hok/The Jan Kim Temanggoeng-Kedoe sehingga sulit untuk melacak di mana sebenarnya lokasi perusahaan itu. Hal ini juga menunjukkan betapa mudahnya mencari alamat The Kim Hok di Temanggung waktu itu mungkin karena sangat terkenalnya. Sepertinya semua tukang pos di Temanggung dipastikan tahu dimana The Kim Hok berada ...

1 komentar: