Sabtu, 12 Desember 2009

Pertemuan


TERJUAL

Ukuran 14,2 x 10,5
Pertemuan Kembali - Ayip Rosidi
Tebal : 128 Halaman
Pengarang Ayip Rosidi
Penerbit : Nusantara Bukittinggi tahun 60 an, Seri Denai

TERJUAL
Seri Denai Nusantara
Ada satu penerbit yang khusus menerbitkan buku-buku sastra (khususnya novel dan kumpulan cerpen) pada era tahun enampuluhan. Penerbit dimaksud bernama Nusantara berlokasi Bukit Tinggi, Sumatera Barat.
Buku-buku sastra tersebut diterbitkan setiap bulan dalam rangkaian Seri Denai. Yang diterbitkan pun karya-karya sastra sastrawan yang sudah punya nama dan dikenal publik. Tersebutlah nama pengarang wanita yang kesohor N.H.Dini. Antara lain karya-karyanya yang diterbitkan dalam Seri Denai adalah “Hati Damai”, “Dua Dunia”.
Juga ada Motinggo Busye dengan karyanya “Keberanian Manusia”, karya Bokor Hutasuhut judulnya “Datang Malam”, WS Rendra dengan “Ia Sudah Bertualang” (kumpulan cerpen), A.A.Navis juga ada berjudul “Hujan Panas” dan pengarang yang kini tak terdengar namanya yakni Poernawan Tjondronegoro yang kebetulan anggota AURI (sekarang TNI-AU) dengan karyanya “Mendarat Kembali” juga Ayip Rosidi “Pertemuan Kembali”, serta banyak lagi pengarang lainnya seperti Nugroho Notosusanto, B.Sularto, Suparto Brata, Alex Leo, dan lain-lain.
Selain naskah-naskah asli penerbit Nusantara ini juga menerbitkan karya sastra terjemahan, antara lain karya Maxim Gorki (Rusia) berjudul “Membalas Dendam”. Sayangnya, penerbit yang begitu gandrung menerbitkan buku-buku sastra karya anak negeri, setelah terjadi peristiwa berdarah G.30.S tak pernah muncul lagi.
Dikutip dari : http://www.sastramedan.com/?act=view&newsid=9&cat=23

Tidak ada komentar:

Posting Komentar