Rabu, 15 Juni 2011

Komik Djadoel Antik Di Uber-Uber Sang Ratu


Komik djadoel antik di uber-uber sang ratu ini hasil karya komikus tua Kho Wan Gie yang sudah berkarya sejak tahun 1929 di majalah atau koran Sin Po. Karyanya adalah komik lucu dengan tokoh Put On namanya. Begitu digemarinya Put On oleh pembaca pada masa itu sehingga banyak yang menggunting korannya dan menyimpannya hingga tahun 2011 sekarang. Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, Kho Wan Gie dengan komiknya terpaksa berhenti mulai tahun 1942 hingga 1946.

Karena koran tempat Kho Wan Gie bekerja dianggap beraliran kiri, maka penerbitannya beberapa kali ditutup, dari sejak bernama Sin Po, hingga Pantjawarna dan Warta Bakti.
Mungkin karena itulah Kho Wan Gie akhirnya muncul dengan nama samaran : Sopoiku, setelah Majalah Pantjawarna ditutup pemerintah sejak peristiwa G30S 1965.

Sopoiku membuat seri "Nona A Go-Go", "Lemot dan Obud", "Agen Rahasia 013 (Bolong jilu)", "Dalip dan Dolop", "Djali Tokcer".
Waktu itu Kho Wan Gie juga membuat komik di Majalah Ria Film, Varia Nada, dan Ria Remaja dengan tokohnya bernama Pengky.

Kondisi komik ini : Baik
Harga Rp 50.000,-
SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar