Sabtu, 11 Juni 2011

Buku Cerita Silat Antik Gie Hiap Pedang Liong Siet Kiam


Buku cerita silat antik Gie Hiap nomor 302 - 307 berjudul Pedang Liong Siet Kiam.
Diterbitkan tanggal 30 Pebruari 1956 hingga 15 mei 1956.
Lengkap dan Tamat.
Jumlah buku : 6
Harga : Rp 120.000,-

Boe Hiap dan Gie Hiap, Penerbit Antik Dari Tasikmalaya
Tentang Boe Hiap, saya menemukan info dari millis Mstjersil seperti dibawah ini :

Sebelum perang dunia, penulis buku cerita silat di Gie Hiap dan Boe Hiap juga merangkap sebagai penerbitnya. Penulis cerita silat ini juga banyak menggunakan nama samaran.

Ada penulis yang bernama Yoe Sin Poo, dulu rumahnya di daerah jalan Industri (Pa-shia). Yoe Sin Poo ini menulis dengan menggunakan nama Bong TIong Hiap, atau Hong San Khek, atau Boe Beng San Djin. Bong Tiong Hiap dikenal sebagai penulis yang produktip sejak terbitnya Kiam Hiap (Serial cerita silat yang dikelola oleh Ho Nai Chuan) dan Tjerita Silat ( Serial cerita silat yang dikelola oleh Tan Tek Ho, atau Kwo Lay Yen).

Boe Hiap dan Gie Hiap walaupun satu alamat, manajemennya tampak sedikit berbeda. Bong Tiong Hiap lebih banjak menulis di Gie Hiap.

Entah siapa pemilik dan pengurus dua penerbitan paling heibat ini.

Selama ini kita kagum terhadap penerbit (nieuw) Keng Po dan Pantja Satya. Padahal penerbit cerita silat terbesar di ini negeri adalah Boe Hiap (apalagi kalau digabung sama Gie Hiap). Sejak tahun 1937 sampe 1959 (kecuali antara Feb 1942 - Aug 1948), yaitu 22 tahun dikurangi 6 tahun =16 tahun, NON-STOP menerbitken tjersil! Boe Hiap 3 kali sebulan dan Gie hiap 2 kali sebulan. Jumlahnya mencapai seribu djilid, tidak terhitung cetak ulangnya!

Djadi perlu sekali kita angkat topi buat itu gerombolan di Tasikmalaja ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar