Sabtu, 28 Mei 2011

Buku Antik Tjerita Silat No. 1 Februari 1933


Buku antik Tjerita Silat No. 1 Februari 1933. Penerbit buku ini beralamat di Andirweg 12 Bandoeng. Pemimpin usaha penerbitan ini bernama Kwo Lay Yen, seorang jurnalis didikan luar negeri yang menguasai beberapa bahasa asing. Semula ia bekerja di koran Sin Po tapi kemudian keluar dan focus pada penerbitan buku cerita silat, mungkin karena pada masa itu jasa penterjemah cerita silat sangat dihargai tinggi. Bahkan istilah Tjerita Silat pertama kali yang menggunakan ya Kwo Lay Yen itu.
Dalam buku inilah kita tahu bahwa serial Goedang Tjerita sudah almarhum (berhenti diterbitkan), dan Percetakan Minerva sudah bangkrut (failliet). Bahwa buku-buku Goedang Tjerita ikut dibeslah (disita) oleh Weeskamer ....

Buku Tjerita Silat nomor pertama ini memuat cerita berjudul Hong Ie Lie Hiap atau Si Badjoe Merah tulisan Bong Kok No (nama samaran dari Kwo Lay Yen), dan Souw Tjeng In atau Satoe Begal Prampoean Jang Eilok Dan Tinggi Ilmoe Silatnja karya Kwo Lay Yen, dan Feuilleton Tay Beng Kie Hiap tulisan Kwo Lay Yen (sambungan dari Goedang Tjerita Almarhum December nummer), ditambah Feuilleton berjudul Siao Lim Lie Hiap tulisan Hoh Hoh Sianseng (nama samaran dari Kwo Lay Yen), yang juga sambungan dari Goedang Tjerita almarhum December nummer.
ds
Harga buku : Rp 35.000,-
BOOKED

Tidak ada komentar:

Posting Komentar