Jumat, 05 Maret 2010

Keramik Tempat Lak Segel



Harga Rp 175.000,-

Sudah Tahukan anda apa itu Lak, ?

Lak merupakan suatu jenis dammar alam yang dihasilkan dari sekresi sejenis serangga yang disebut Kutu Lak (Laccifer Lacca Kerr). yang berwarna kuning keemasan
SEJARAH KULTUR LAK DI INDONESIA
Lak masuk di Indonesia pertama kali pada tahun 1936 dibawa oleh Dr. P. Van der Goot dari India berupa lak bibit dalam jumah beberapa kilogram.
Bibit lak tersebut dipelihara dan dikembangkan di daerah-daerah Bogor, Indramayu, Pekalongan, Gedangan (Kedung Jati), Kediri (Gadungan), Besuki dan Mailang (Banyuwangi) dibawah pengawasan Dr. L.G.E. Kalshowen.
Dalam upaya pengembangan tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat kemungkinan-kemungkinan dibentuk sebuah perusahaan Lak di Indonesia.
Dari hasil penelitian, didapati bahwa lokasi yang cocok untuk budidaya Lak adalah didaerah Besuki, tepatnya di daerah Banyuglugur dan Kabuaran, yaitu wilayah Probolinggo, sehingga secara resmi
Pada tahun 1956 didirikan Perusahaan Lak Banyukerto di Probolinggo berdasarkan SK. Kepala Jawatan Kehutanan nomor 518/KD/IV/4/7, tangal 2 Januari 1956 dengan nama Perusahaan Lak Jawatan Kehutanan.
Sampai saat ini, hanya di Probolinggo satu-satunya yang melaksanakan Budidaya Lak se Indonesia, yang mutu Lak nya adalah yang terbaik di Dunia.

KEGUNAAN LAK
Secara umum di Indonesia lak digunakan sebagai bahan pelitur untuk barang-barang meubelair, dengan kemajuan teknologi pengelolah, penggunaan lak menjadi semakin luas, antara lain :
1. Bahan Plat Gramaphon dan CD
2. Bahan berbagai Isolator Listrik
3. Isolasi
4. Peltitur dan Dempul Mebelair
5. Bahan pelapis anti air berbagai jenis kartu
6. Bahan penyamakan kulit.
7. Bahan pengikat roda gerinda
8. Bahan lak Segel surat.
9. Bahan pembuatan Shellak tahan air
10. Bahan industri Topi Vilt (stera, Jarum, dll)
11. Bahan berbagai jenis semir dan cat rambut
12. Bahan pembuatan barang-barang tembikar
13. Bahan Industri Karet
14. Bahan Additive makanan untuk pelapis dan pengkilat makanan.
15. Kertas Ampelas
16. Bahan pembuatan Kosmetik
17. Bahan Industri obat-obatan (Wadah Kapsul)
18. Dll.

Dari : humaspbo.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar